Peringati Harkitnas 2024, Sertu Mujiono Jadi Inspektur Upacara di SLTPN 1 Tilango Gorontalo

20

RELATIF.ID, GORONTALO_ Dengan Tema “KEBANGKITAN MENUJU INDONESIA EMAS” yang dilandasi semangat untuk bangkit dan jiwa Nasionalisme, para siswa tingkat SLTPN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke -116 Tahun 2024, Senin (20/05/2024).

Suasana upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional

 

Namun ada pemandangan berbeda terjadi, karena upacara yang digelar kali ini, prajurit TNI dari Babinsa Koramil 1315-01/Telaga, Sertu Mujiono menjadi Inspektur Upacara (Irup).

Dalam amanatnya, Mujiono yang mewakili Danramil Lettu Inf. Bambang Irawan turut menyampaikan tentang amanat Komandan tentang pentingnya menumbuhkan rasa nasionalisme bagi generasi muda masa kini. Sebagaimana amanat Menteri Kominfo RI dalam rangka Harkitnas Tahun 2024.

“Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” ujar Sertu Mujiono

“Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan “berkunjung kembali” kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia,” lanjutnya

Ia juga menjelaskan, terkait bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan ini. Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya, juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata. Tetapi pada pencapaian terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan.

“Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban. Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia,” jelas Sertu Mujiono

Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita Peringati pada hari ini, Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, Sertu Mujiono juga mengingatkan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Babinsa Koramil Telaga ini mengimbau kepada seluruh pelajar agar ikut menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan.

“Kami berharap adik-adik pelajar dapat menjadi penegak kedisiplinan untuk diri sendiri. Contohnya bangun pagi tepat waktu dan juga berangkat menuju sekolah, tidak lupa selalu menjadi contoh generasi muda yang baik agar kelak menjadi calon pemimpin bagi bangsa dan Negara,” pungkasnya.

Pewarta: Beju

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab