Sebagai Wujud Harapan Masyarakat, Bupati Gorontalo Ingatkan BPD Jangan Hanya Jadi Stempel

91

RELATIF.ID, GORONTALO__Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (ABPD) Se-Kabupaten Gorontalo belum lama gelar musyawarah yang berlangsung di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

 

Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo melalui sambutannya menjelaskan sejak keluarnya Undang-undang desa merupakan peluang maka ada dua lembaga harus kuat pertama adalah kepemimpinan kepala desa dan yang kedua adalah BPD.

 

“Desa ini dengan keluarnya undang-undang maka ruang berkembang itu pesat karna ada kemandirian”. Jelas Prof. Nelson Pomalingo. Sabtu (02/12/2023).

Suasana pelaksanaan musyawarah Asosiasi BPD Kabupaten Gorontalo belum lama ini

“Kenapa desa ini diberikan ruang karna memang pertama ada keunikan yang kedua ini ujung tombak daripada pembangunan negara kalau desa berkembang baik maka kecamatan, kabupaten, provinsi sampai negara berkembang baik”. Tambahnya

 

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa BPD adalah mitra dan juga penguat untuk pemerintah desa.

 

“Karna dengan mitra itu saling mengisi, saling memberi informasi bahkan juga merumuskan pembangunan di desa sehingga BPD ini sangat penting apalagi mewakili dari seluruh wakil dusun wakil masyarakat sehingga semestinya anggota dewan itu kalau mencari masalah datang ke BPD karna BPD tahu banyak tentang problem yang ada di desa tersebut karna merekalah wakil-wakil dari seluruh masyarakat”. Kata Nelson.

 

Dirinya juga menegaskan bahwa BPD jangan sampai hanya menjadi stempel.

 

“Jadi jangan sampai hanya stempel saja BPD, kalau hanya stempel cukup kepala desa saja yang bekerja”. Tegasnya.

Kemudian Bupati dua periode ini berharap kepada BPD untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat desa.

 

“Untuk itu harapan saya kepada BPD wujudkan desa itu di mana kita menjadi anggota BPD. Ada berbeda, ada regulasi, ada sesuatu yang harus kita buat ada sesuatu yang dikenang oleh rakyat bukan hanya kepala desa yang dikenang tapi juga BPD”. Harapnya.

 

Untuk diketahui, melalui musyawarah Asosiasi BPD ini, Riyon W. Ali yang sebelumnya memimpin ketua Asosiasi BPD Kabupaten Gorontalo kembali terpilih secara aklamasi yang kedua kalinya periode 2023-2029.

 

Pewarta : Fajrin Bilontala

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab