Bupati Nelson Pomalingo Tegaskan OPD Agar Lebih Mengoptimalisasi PAD Mencapai Target

105

RELATIF.ID, GORONTALO-Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo lakukan rapat evaluasi terkait optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2024 dan penerimaan retribusi daerah.

Dalam hal ini, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo membeberkan pendapatan asli daerah hanya mencapai 4,5 miliyar, demikian juga halnya dengan retribusi yang hanya mencapai 1 miliyar. Sehingga, hal itu tidak mencapai target yang sudah ditentukan, sementara beban daerah terus meningkat.

Menurutnya, adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya penurunan PAD tersebut yaitu pembangunan rumah yang tidak memiliki ijin PBB. 

Mengacu pada tahun 2017, kata Nelson, ada sekitar kurang lebih seratus ribu rumah yang terbangun, dan hanya 10 persen saja ijin PBB nya dibayarkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ungkap Nelson, adapun langkah-langkah yang harus dilakukannya yaitu APBD harus segera dicairkan, kemudian pendapatan dinaikan.

“Sehingga OPD-OPD yang bertanggung jawab soal itu mencari terobosan, yaitu mengidentifikasi, kemudian melakukan langkah-langkah kongrit, serta SDM kita naikkan jumlahnya,” ungkap Nelson Pomalingo, Rabu (13/03/2024).

Lebih lanjut, ia menegaskan akan memberikan sanksi kepada OPD yang tidak melakukan efisiensi, dan juga tidak melakukan terobosan untuk PAD.

“Kita penuhi dulu yang punya efisien atau pendapatan yang memenuhi target. Jangan cuma meminta hak, kewajiban tidak dilakukan. Bagaiman kita membayar gaji atau TPP, sementara PAD hanya mencapai terget nol persen,” Tegasnya.

Pewarta: Beju

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab