Di Hadapan Pimpinan Bawaslu RI, Wahyudin Akili Puji Nelson Pomalingo

222

RELATIF.ID, GORONTALO_Pemanfaatan Gedung Pinjam Pakai Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo merupakan wujud dan konsitensi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gorontalo dalam mendukung kelancaran tugas dan fungsi Bawaslu.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Wahyudin M. Akili saat memberikan sambutan dalam kegiatan pengresmian pemanfaatan Gedung Pinjam Pakai Kantor Bawaslu. Rabu (18/01/2023).

“Alhamdulillah, Pemanfaatan gedung pinjam pakai Kantor ini terlaksana melalui persiapan kurang lebih selama 10 hari. Kami bekerja dan berupaya semaksimal mungkin untuk mempersiapkan segala hal dalam pemanfaatan Gedung ini.” Ungkap Wahyudin.

“Alhamdulillah, Pemda dalam hal ini Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo telah memberikan fasilitas dalam bentuk sarana dan prasarana berupa pemanfaatan gedung pinjam pakai untuk Bawaslu Kabupaten Gorontalo. Ini adalah wujud komitmen dan konsistensi Bupati Gorontalo dalam mendukung kelancaran tugas dan fungsi Bawaslu dalam mengawasi tahapan Pemilu serentak Tahun 2024.” Tambahnya.

Menurutnya, Sedikit dari banyak fasilitas serta dukungan dari Pemda sejak tahun 2019 Pasca Pemilu, Bupati telah memberikan mobil operasional. Tahun 2020 dihibahkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menjadi Pegawai vertikal dalam mendukung Bawaslu menjadi Satuan Kerja (Satker) Mandiri.

“Di pertengahan 2021 ditetapkan menjadi Satker Mandiri di lingkungan Bawaslu RI. Kemudian Tahun 2022 untuk gedung pinjam pakai diserahkan oleh Bupati Gorontalo, dan Insyaa Allah Tahun 2023 untuk Tanah hibah bisa direalisasikan paling lambat tahun ini.” Katanya.

“Berkat dukungan dari Pemda dalam hal ini Bapak Bupati Nelson Pomalingo untuk kemudian bisa bekerja dalam ruang-ruang kolaborasi dengan kami Penyelenggara Pemilu khususnya Bawaslu” Lanjut Wahyudin.

Dirinya menyampaikan, terima kasih atas kunjungan pimpinan Bawaslu RI, Puadi yang kedua kalinya. Wahyudin mengatakan ini wujud kecintaan dari pimpinan Bawaslu RI untuk penyelenggara Pemilu yang ada di Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, sangat mendukung pelaksanaan pemilu 2024.

“Kami Pemerintah Daerah sangat peduli dan akan mendukung penuh pelaksanaan pemilu 2024 karena masa depan daerah ini tergantung pada pemilu,” Ucapnya.


Bupati 2 periode ini memaparkan, Dari sisi status Gedung ini memang pinjam Pakai, sebelumnya gedung ini adalah gedung Kesenian.

”Olehnya saat ini pemerintah Kabupaten Gorontalo mempersiapkan hibah tanah untuk pembangunan Kantor Bawaslu definitif nanti, dimana proses hibah tersebut sedang berproses di kantor pertanahan Kabupaten Gorontalo,” papar Nelson.

Selain dukungan fasilitas Infrastruktur, Nelson mengatakan, pemkab Gorontalo juga telah mempersiapkan dukungan angggaran yang diupayakan sejak tahun ini sambil melakukan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk mempersiapkan anggaran pada Pemilu 2024.

Nelson berharap, dengan adanya gedung pinjam pakai dapat membantu kinerja bawaslu dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas.

Untuk diketahui kegiatan ini dihadiri langsung oleh Anggota Bawaslu RI, Puadi beserta jajarannya, Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Ketua serta Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Gorontalo, Bupati Gorontalo, Sekretaris Daerah, Kapolres Gorontalo, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo, Dandim 1315/KG, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Gorontalo, Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Gorontalo dan stakeholder Pemilu lainnya.(Sten/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab