Dilantik Bupati Gorontalo, Roni Sampir Resmi Gantikan Hadijah U. Tayeb

178

RELATIF.ID, GORONTALO__Setelah melalui proses Fit And Proper Test, Roni Sampir resmi gantikan posisi, Hadijah U. Tayeb sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo yang dilantik, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gedung Kasmat Lahai, Jumat (18/03/2022).

Melalui kesempatan ini, Bupati mengatakan alasan dipilihnya Roni Sampir menjadi Sekda Kabupaten Gorontalo karena nilainya tertinggi dari delapan kandidat yang ikut seleksi.

“Kedua, secara kompetensi beliau luar biasa. Selama 5 tahun beliau (Roni Sampir) mendampingi saya di bidang kesehatan (Kepala Dinas Kesehatan), banyak persoalan yang mampu diselesaikan dengan baik,”kata Nelson.

Bupati dua periode ini menjelaskan, sebelum pilihannya jatuh kepada Roni Sampir jauh sebelumnya pihaknya telah mempersiapkan delapan kandidat untuk bisa mengisi kursi yang ditinggalkan oleh Hadijah Tayeb tersebut.

“Dari kedelapan kandidat itu nilai tidak berbeda jauh. Nilai itu bukan sekedar dari panitia (panitia seleksi), ada juga asesmen, trek record dan kompetensi. Saya yakin itu semua dilakukan oleh panitia secara normatif dan objektif,”jelas Nelson.

Proses pelantikan, Roni Sampir sebagai Sekretaris Daerah oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Dok/Humas.

Olehnya, Nelson mengaku bangga, karena banyak Eselon II yang ikut melamar dan mengikuti seleksi.

“Saya bangga banyak yang mengikuti, kalau di tempat lain sedikit. Inilah yang terbaik, maka mohon dukungan dari semua pihak. Karena tantangan kita kedepan sangat luar biasa,”Ungkapnya.

Ditempat yang sama, Roni Sampir menyampaikan, terima kasih kepada Bupati Gorontalo yang telah memberikan kepercayaan terhadap dirinya untuk menjabat Sekda Kabupaten Gorontalo.

Roni mengatakan, tugas Sekda adalah membantu bupati dan wakil bupati merumuskan kebijakan dan program-program untuk dijadikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain itu kata Roni, Sekda juga dituntut harus bisa memfasilitasi masyarakat tingkat atas hingga masyarakat tingkat bawah.

“Seorang Sekda itu sebagai fasilitator, komunikator, damanisator dan komunikatif. Dengan peran itu, insyaallah apa yang diharapkan pak bupati dan wakil bupati dapat terlaksana dengan baik,”ucap Roni.(Win/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab