Pangdam XIII/Merdeka Ikuti Vicon Launching Program TNI Manunggal Air Tahun 2024 di Wilayah Korem 133/Nani Wartabone

82

RELATIF.ID, GORONTALO__Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M., dengan didampingi Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., melaksanakan Virtual Conference Program TNI Manunggal Air Tahun 2024 oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

 

Kegiatan Program TNI Manunggal Air Tahun 2024 ini turut dihadiri oleh Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Sumanto, S.Sos., M.M., Kakesdam XIII/Merdeka Kolonel Ckm dr. I Gede Putu Arsana, Sp.PD., Para Kasi Kasrem 133/NW, Kabinda Gorontalo Khairul Amir S.Si, Sekda Kabupaten Gorut Sulaiman Lakoro, SH. MH., Ka BWS Sulawesi II Gorontalo Parlinggoman S, ST., MPSDA., Dir Pol Airud Polda Gorontalo Kombes Pol Saiful Alam, SH, S.IK, MH., Danbrigif 22/OM Letkol Inf M. Effendi, M.S., S.I.P., Dandim 1314/Gorut Letkol Inf Rayner DR Wajong, Danyonif R 715/Mtl Letkol Inf. Dwi Hartanto. S.Sos, Wakapolres Gorut Kompol Lesman Katili, Dokter Pangdam XIII/Mdk Kapten CKM Sherly, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 133 PD XIII Merdeka Ny. Dewi Totok Sulistyono beserta pengurus, kegiatan tersebut digelar di Desa Pontolo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (06/02/2024).

Dalam sambutannya, KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang terhubung secara online melalui via vicon seluruh Indonesia menyampaikan bahwa dari Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara ini menjadi titik awal mengajak seluruh unsur Forkopimda dan para Donatur seluruh Indonesia untuk berkolaborasi mewujudkan air bersih melalui Program TNI AD Manunggal Air yang telah digagasnya selama ini.

 

“Berdasarkan dengan hal tersebut, setelah launching ini gerakan manunggal air akan lebih Kita masifkan lagi ke depannya. Mari Kita bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergi semua unsur sehingga bisa Kita targetkan kedepannya dari 1.500 hingga 2000 titik. Sedangkan untuk hari ini yang Kita resmikan sebanyak 1.898 titik tersebar seluruh Indonesia dari Aceh sampai Merauke,” tegasnya.

 

Setelah melaksanakan kegiatan vicon Program TNI Manunggal Air Tahun 2024 oleh KASAD, dalam sambutannya Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M., menyampaikan Program TNI AD Manunggal Air adalah wujud kepedulian Angkatan Darat dalam membantu mengatasi kesulitan yang sedang dihadapi oleh rakyat terutama dalam masalah air. Karena air sangat urgent bagi kehidupan masyarakat untuk keperluan sehari-hari yang akan berpengaruh kepada kesehatan, ketahanan pangan, dan kebutuhan hidup lainnya.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan saya sendiri memilih Dusun Dungalio untuk menyelenggarakan kegiatan manunggal air, karena di sini sama dengan wilayah di Nusa Tenggara Timur tempat dulu saya bertugas. Dusun di Desa Pontolo ini memiliki tanah yang subur dan cocok untuk mengembangkan sektor pertanian khususnya menanam jagung. Namun terkendala dengan sumber air yang jauh sehingga perlunya disiapkan pompa hidran agar dapat memasok air bersih untuk keperluan harian masyarakat serta pertanian.

 

“Disini kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan seluruh pihak yang sudah berkenan mendukung dan membantu kegiatan ini sehingga semua dapat berhasil dilaksanakan dengan baik. Semua ini akan memberikan manfaat bagi kita dan generasi yang akan datang dan dalam pemeliharaan program Pamsimas, sangat memerlukan tenaga profesional, serta kepedulian masyarakat dalam pemeliharaannya. Program ini pun bisa dikerjasamakan dengan Babinsa atau Bhabinkamtibmas untuk merawat infrastruktur yang telah dibangun,” tandasnya.

Selain kegiatan launching TNI AD Manunggal Air, pada kesempatan ini, sebagai wujud kepedulian Kodam XIII/Merdeka melalui Korem 133/Nani Wartabone dan jajaran terhadap kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara khususnya di Dusun Dungalio, kami juga menggelar kegiatan pemberian paket sembako untuk masyarakat yang kurang mampu.(Win/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab