Tak Cukup Bukti, Polres Gorontalo Kota Hentikan Perkara yang Melibatkan Oknum Kadis Di Kabgor

103

RELATIF.ID, Kota Gorontalo- Polres Gorontalo Kota menghentikan penyelidikan kasus dugaan perzinahan yang menyeret nama seorang oknum kepala Dinas di Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Rabu (19/05/2021).

Berkaitan dengan hal ini, Kasat Reskrim Polres Gorontalo Kota AKP La Ode Arwansyah belum lama ini menyampaikan, Berdasarkan ketentuan Pasal 109 ayat 2 KUHAP disebutkan bahwa dalam hal penyidik menghentikan penyidikan karena tidak terdapat cukup bukti dan peristiwa tersebut bukan merupakan tindak pidana atau penyidikan dihentikan demi hukum.

“Maka penyidik memberitahukan hal itu kepada penuntut umum, tersangka atau keluarganya,” ucap AKP La Ode Arwansyah, Senin (17/05/2021).

Dirinya menjelaskan, alasan pihaknya menghentikan penyelidikan tersebut dikarenakan kasus yang menimpa oknum Kadis itu tidak ditemukan bukti-bukti yang cukup kuat untuk melanjutkan perkara tersebut, sehingga kasus ini dihentikan.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan juga meminta pendapat dari ahli Hukum Pidana Universitas Sam Ratulangi Manado,” jelas La Ode Arwansyah.

Hal ini sebagai kata La Ode sebagai upaya memberika kepastian Hukum kepada pelapor maupun terlapor, sehingga tidak ada lagi timbul kesan bahwa pihaknya lambat atau menggantungkan kasus tersebut.

“Apabila persangkaan tersebut tidak bisa dibuktikan maka, para ahli berpendapat tidak bisa dikenakan pasal yang dituduhkan,” katanya

Di akhir penjelasanya Kasat Reskrim Polres Gorontalo Kota menuturkan, pihaknya telah menyampaikan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) kepada pelapor maupun terlapor.

“Tepatnya pada tanggal 11 Mei 2021 surat tersebut kami antar langsung kepada yang bersangkutan,” tutur La Ode. (Win)

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab