Husain Ui Kembali Jabat Kepala Dinas Sosial, Sarifudin Bano: Ini Contoh Tidak Baik

384

RELATIF.ID, GORONTALO__Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo kembali mengangkat pejabat Kepala Dinas Sosial, Husain Ui yang pernah dicopot oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Selasa (11/01/2022).

Husain resmi menjabat kembali per tanggal 4 Januari 2022. Pengaktifan Husain selaku kepala dinas tertuang dalam surat perintah tugas yang diteken Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Hadijah U. Tayeb dengan Nomor: 821.2/BK-DIKLAT/01/2022 pada tanggal 3 Januari.

Pengangkatan, kembali Kepala Dinas Sosial ini di tanggapi, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Syaripudin Bano. Ia menilai, keputusan pemerintah yang mengaktifkan kembali pejabat gagal dalam mengemban tugas berpotensi menjadi preseden buruk pemerintah.

“Kan dasar bupati memecat Kepala Dinas Sosial waktu itu sudah jelas. Pemecatan disampaikan sendiri oleh bupati, bahkan sampai menjadi isu nasional karena membuat Menteri Sosial marah dalam kunjungannya ke Gorontalo,”Ujarnya, Senin (10/01/2022).

Lebih lanjut, anggota DPRD dapil Boliyohuto Cs ini berpendapat kesempatan kedua yang diberi Pemerintah Daerah berpotensi menimbulkan kehidupan birokrasi yang tidak sehat.

“Sederhananya begini, dalam memecat pejabat dalilnya tidak sembarangan dan jika sudah dipecat berarti tidak baik dalam mengemban tugas. Nah, ada apa sebenarnya dengan pemerintah. Yang ini menjadi contoh tidak baik bagi OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lain,”ungkap Syaripudin.

Untuk memperjelas pengangkatan Kepala Dinas Sosial Husain Ui, Komisi I DPRD berencana menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan menghadirkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

“Kami akan pertanyakan soal keputusan ini, besok Baperjakat dan BKD di undang,” Tegasnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Sosial Husain Ui membenarkan jika dirinya telah kembali diangkat menjabat sebagai kepala dinas.

“Saya tetap kepala dinas. Saya kemarin hanya di istirahatkan, alhamdulillah sekarang sudah bisa kembali menjabat,”Katanya singkat saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.(Win/Relatif.id)

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab