KPU Kabupaten Gorontalo Resmi Jadwalkan PSU Di Desa Tuladenggi

35

RELATIF.ID, GORONTALO_ KPU Kabupaten Gorontalo resmi menetapkan jadwal pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU), di TPS 2 Desa Tuladenggi, Kecamatan Telaga Biru, pada hari Sabtu tanggal 22 Juni 2024.

Hal tersebut diungkapkan, Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Roy Hamrain, saat diwawancarai, usai menggelar Rapat koordinasi PSU pasca putusan MK untuk calon anggota DPRD Kabupaten Gorontalo pada Pemilu tahun 2024, disalah satu restoran ternama, di Kecamatan Limboto, Rabu (19/06/2024).

“Sesuai dengan tahapan yang dikeluarkan oleh KPU RI, bahwa pemungutan suara ulang di TPS 2, desa Tuladenggi, kecamatan telaga biru yaitu pada tanggal 22 Juni 2024, tepatnya hari Sabtu,” kata Roy Hamrain.

Ia mengatakan, pada pelaksaan PSU tersebut, KPU RI mengamanatkan Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo untuk bertindak sebagai badan penyelenggara Ad Hoc, dalam hal ini PPK, PPS, dan KPPS.

“Dalam pelaksanaan itu, kami KPU kabupaten gorontalo diperintahkan oleh KPU RI untuk mengambil alih tugas yaitu kerja daripada KPPS, PPS, dan PPK,” tuturnya 

Berikut, terkait dengan pemilih pada PSU, kata Roy, pihaknya masih menggunakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sebelumnya.

“Untuk yang memilih, itu dipastikan dia terdaftar di DPT yang digunakan pada pemilu 14 Februari kemarin. Kemudian untuk pemilih yang terdaftar pada DPT, tetapi dia sudah pindah memilih di TPS lain, maka yang bersangkutan tidak bisa memilih pada PSU,” ujarnya.

Selain itu, Roy juga menambahkan, rekapitulasi hasil pemungutan suara ulang (PSU) ditingkat kecamatan, akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2024. Sementara, rekapitulasi ditingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2024.

“Jadi rekapitulasi ditingkatkan kecamatan itu, tanggal 23 Juni, kemudian rekapitulasi ditingkatkan kabupaten, tanggal 25 Juni 2024,” tukasnya.

Pewarta: Beju

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab