LTKL Gandeng Koperasi Bantu Masyarakat Dampak Banjir Di Kabupaten Gorontalo

118

RELATIF.ID, GORONTALO___Guna membantu korban dampak bencana banjir yang melanda Provinsi Gorontalo beberapa waktu lalu, Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) untuk kedua kalinya kembali menggadeng salah satu koperasi di Kabupaten Gorontalo menginisiasi program bantuan berupa 1500 paket sembako yang kali ini dialokasikan untuk Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo, Jumat (08/04/2022).

Sejalan dengan misi LTKL sebagai lembaga asosiasi pemerintah Kabupaten yang konsen pada pembangunan kelestarian lingkungan dan kesejahteraan rakyat, maka program ini patut kita apresiasi bersama.

Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo saat memberikan bantuan pada warga dampak banjir. Dok/Humas.

Lebih dari itu, Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Bonny AR Moonti juga memberi apresiasi khusus kepada LTKL.

“Sebagai pembina gerakan koperasi, kita patut berbangga atas pemilihan Koperasi Ekaprasetya sebagai mitra kerjasama LTKL dalam penyediaan barang untuk program bantuan sosial bencana alam tersebut”.Ujarnya.

Pihaknya juga mengakui bahwa saat ini sedang mendorong agar Koperasi dan UMK di Kabupaten Gorontalo dapat menangkap peluang mengambil peran dalam pengadaan barang dan jasa melalui e-marketplace sesuai arah kebijakan pemerintah dimana daerah harus mengalokasikan setidaknya 40 persen belanja pengadaan barang/jasa Pemda kepada Koperasi dan UMK lokal.

Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan Koperasi dan UMK melalui Program Bela Pengadaan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) yang diyakini mampu memberikan stimulus terhadap pemulihan perekonomian pasca pandemi COVID-19.

Untuk itu Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gorontalo beberapa minggu yang lalu bersama Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa Setda Kabupaten Gorontalo sudah memulai bekerja sama dengan salah satu Marketplace yang telah bergabung dalam Bela dalam hal ini MBizmarket memberi bimbingan kepada koperasi dan UMK untuk mendaftar sebagai penjual (merchant) pada platform tersebut.

“Dengan demikian penyediaan berbagai keperluan Pemerintah Daerah antara lain Angkutan, Makanan, Kurir, Alat Tulis Kantor, Souvenir, Furnitur, dll dapat ditransaksikan secara elektronik dengan Koperasi dan UMK”, ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gorontalo Arifin Suaib, ME saat mendampingi Bupati Gorontalo pada penyerahan secara simbolis bantuan korban banjir di Kelurahan Kayubulan Kecamatan Limboto.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo yang juga sebagai Sekretaris LTKL juga mengucapkan terima kasih atas kolaborasi semua pihak baik itu LTKL sendiri melalui Sekretaris Eksekutifnya, Koperasi Ekaprasetya, Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo serta Pemerintah Kecamatan Limboto dan Kelurahan Kayubulan yang menujukkan kepedulian yang begitu baik kepada masyarakat khususnya yang tertimpa musibah.

Bupati menutup arahannya dengan doa dan harapan semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan mendukung pelaksanaan ibadah Ramadhan, walau sebahagian rumah warga masih terus berbenah dari luapan air danau Limboto.(Win/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab