Permudah Akses Pengadaan Barang Dan Jasa Kebutuhan Pemerintah, Pemprov Gorontalo Jalin MoU Dengan Mbizmarket

41

RELATIF.ID, GORONTALO__ Pemerintah Provinsi Gorontalo siap berkolaborasi dengan mbizmarket.co.id, yang merupakan mitra Bela Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) dalam memanfaatkan platform perdagangan elektronik (e-commerce) untuk pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemerintah Provinsi Gorontalo melalui program yang diberi nama POTALI (Pasar Online Gorontalo Lipu’u), Senin (28/06/2021).

Pemanfaatan platform e-commerce ini merupakan upaya digitalisasi di lingkungan pemerintah Provinsi Gorontalo, untuk memenuhi kebutuhan barang/jasa pemerintah, sesuai dengan Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden No. 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Melalui konferensi video, Rizal Paramarta, CEO PT. Brilliant E-commerce Berjaya, pengelola mbizmarket.co.id dalam sambutanya mengatakan sebagai mitra Bela Pengadaan, bangga terpilih sebagai marketplace yang mendukung program POTALI.

“Kami berharap dukungan kami dapat memberikan solusi dalam pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah Provinsi Gorontalo. Mbizmarket juga siap membantu pertumbuhan UMKM di Gorontalo dengan membuka jaringan pasar dan akses menjadi penyedia bagi kebutuhan belanja barang/ jasa untuk menjangkau prospek pembeli yang lebih luas, baik dari kalangan pemerintah maupun swasta secara nasional,” paparnya

“Kami juga siap membantu dan memberikan akses bagi UMKM di Gorontalo untuk memperoleh permodalan, yakni melalui fitur layanan pinjaman yang ada di platform Mbizmarket. Semoga dukungan mbizmarket.co.id melalui Bela Pengadaan bisa membangkitkan kembali geliat ekonomi di Gorontalo”. Lanjut Rizal

Melihat hal ini, Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie M.A.P, menyampaikan, dengan di berlakukannya Perpres 12/2021 penting untuk memperbaiki tata kelola pengadaan barang/jasa, menurunkan permasalahan korupsi dalam tender pengadaan pemerintah, meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan meningkatkan kecepatan penyerapan anggaran.

“Diharapkan dengan diterapkan Perpres ini, kebocoran dan penyimpangan yang kerap terjadi dalam tender PBJ dapat dicegah atau setidaknya diminimalisasi. Dalam rangka mendorong UMKM dan koperasi untuk go digital serta melibatkan mereka pada pengadaan pemerintah, maka Pemerintah Gorontalo memanfaatkan mbizmarket.co.id yang merupakan mitra program Bela Pengadaan yang dikembangkan oleh LKPP RI untuk proses pengadaan barang/jasa langsung kebutuhan pemerintah”. Ucap Gubernur

Sementara itu, Setya Budi Arijanta, SH., KN, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah LKPP yang turut hadir secara virtual pada acara peluncuran POTALI mengatakan, Melalui program Bela Pengadaan, yaitu program untuk mendukung UMKM Go Digital, pelaku usaha UMKM dipermudah untuk untuk dapat menjadi merchant di marketplace, dan barang/ jasanya dapat dibeli oleh pemerintah.

“Pemilik usaha UMKM artinya dapat bersaing di sektor pengadaan barang dan jasa pemerintah (PBJB), dan diharapkan transaksi dapat berjalan secara transparan. Program Bela Pengadaan ini diinisiasi di tahun 2020, dengan harapan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 dapat segera ditolong dengan dilakukannya intervensi. UMKM merupakan sektor yang harus dapat bertahan untuk penyelamatan ekonomi nasional,” Katanya

Dirinya juga memaparkan, Mbizmarket telah terdaftar dan resmi sejak awal 2021 menjadi mitra program Bela Pengadaan, program yang dibesut oleh LKPP. Bela Pengadaan merupakan program yang diinisasi dan dikelola Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang bertujuan untuk memudahkan belanja pemerintah serta mendorong pertumbuhan usaha mikro dan kecil (UMK).

“Melalui kolaborasi Bela Pengadaan dan marketplace, diharap dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengadaan barang/jasa pemerintah,” harap Setya Budi Arijanta.

Mbizmarket kini telah dipercaya dan dimanfaatkan oleh 9 pemerintah provinsi di tanah air sejak awal 2020, mulai dari provinsi Jawa Barat, lalu dilanjutkan Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Banten, dan kini provinsi Gorontalo. Mbizmarket telah dipercaya dan dapat menjadi solusi yang tepat dalam membantu sistem pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah, yang berubah dari konvensional menjadi digital.

Selain itu di dalam platform mbizmarket.co.id terdapat fitur yang dapat mengakomodasi kebutuhan bendahara pemerintah dalam memungut, menyetor dan melaporkan penerimaan pajak atas transaksi belanja pemerintah. Solusi terkait pajak ini menjadi salah satu komitmen mbizmarket.co.id untuk memberikan sistem transaksi pengadaan yang lengkap.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, bisnis mbizmarket.co.id, dan mbiz.co.id; platform yang juga dikelola PT Brilliant Ecommerce Berjaya yang fokus pada e-procurement untuk pengadaan barang dan jasa bagi perusahaan swasta besar dan menengah, telah tumbuh sangat signifikan dan mencatat peningkatan penjualan dua kali lipat pada 2020 dibandingkan tahun 2019. Kenaikan penjualan terutama didorong oleh keberhasilan Mbiz dalam memenuhi kebutuhan alat kesehatan dari berbagai perusahaan swasta dan pemerintah provinsi/daerah.

Dengan terealisasinya kerjasama ini diharapkan kalangan pemerintah provinsi Gorontalo bisa semakin mudah melakukan belanja barang/jasa secara online meski di masa pandemi, dan dapat memberikan kesempatan bagi UMKM lokal untuk bertahan dengan menjadi penyedia bagi kebutuhan barang/jasa pemerintah.

Mengenai Mbiz adalah trendsetter di marketplace B2B di Indonesia. Mbiz merupakan platform solusi e-procurement berbasis web yang yang dapat digunakan perusahaan untuk mengelola ketersediaan dan manajemen vendor dengan lebih baik, mengendalikan transaksi dan sumber, dan memastikan manajemen pengeluaran yang efektif untuk berbagai produk dan jasa. Mbiz membantu perusahaan besar-menengah di Indonesia, dan berbagi praktik terbaik dalam transformasi pengadaan digital, untuk membantu mitra bisnis dalam mencapai; efisiensi, transparansi, penghematan biaya, dan peningkatan proses pengadaan secara keseluruhan.

Mbiz yang mengelola dua platform yaitu Mbiz.co.id dan Mbizmarket.co.id yang telah diperkuat dengan berbagai fitur dalam solusi e-procurement seperti budget control, approval process, ordering dan fulfillment tracking, pembayaran serta spend reporting and analysis dalam satu platform. Mbiz memiliki ratusan karyawan dan juga ribuan buyer dan seller dalam ekosistem e-commerce, yang terdiri dari ribuan korporasi menengah dan besar terkemuka di Indonesia. (Win/Relatif.id)

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab