Sebelumnya Aspirasi RMU Rachmat Gobel Dipertanyakan Warga, Rustam Akili : Koperasi Dan Gapoktan Harus Duduk Bersama

176

RELATIF.ID, GORONTALO__Monitoring dan Evaluasi program aspirasinya di Gorontalo, Wakil Ketua DPR-RI, Rachmat Gobel, menugaskan staf khususnya Rustam Akili, Senin (03/10/2022).

Adapun yang menjadi lokasi awal monitoring yaitu Penggilingan padi moderen atau Rice Milling Unit (RMU), yang dipertanyakan warga di Kelurahan Kayumerah, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

“Saya datang ditempat itu tidak ada yang tau, Sengaja saya melakukan sidak seperti itu, tujuan saya untuk memastikan apa yang terjadi di RMU milik Kelompok Tani Tekad Makmur yang berada di Kelurahan Kayumerah, ternyata benar belum semua yang disepakati dengan gapoktan itu berjalan dengan baik,” jelas Rustam saat dikonfirmasi, Rabu (05/10/2022).

Dosen psikologi anti korupsi ini membenarkan, jika ada beberapa kendala yang ditemui di gilingan padi RMU itu seperti belum adanya bak penjemuran dan juga pihak kelompok tani menginginkan gilingan ini seperti gilingan manual.

“Kendalanya seperti belum adanya bak penjemuran, yang berikut kelompok tani minta gilingan ini seperti biasa yang hanya menghasilkan satu jenis beras, sementara gilingan ini menghasilkan 3 jenis beras, yaitu premium, medium dan yang campuran, ini akan menjadi bahan laporan saya kepada pak Rachmat,” ungkap Rustam.

“Makannya pihak koperasi dan gapoktan harus duduk bersama lagi, dijelaskan lagi bahwa keberadaan mesin ini sudah bersistim modern, bahkan kami pun sudah memikirkan modal mereka, karena gapoktan butuh modal, koperasinya juga butuh modal, untuk saling memenuhi kebutuhan,” Tambahnya.

Dr. Rustam Hs. Akili Staf khusus Rachmat Gobel saat mendengarkan langsung penyampaian kelompok tani saat lakukan sidak di bangunan RMU di Kelurahan Kayumerah.

Terkait pemberitaan sebelumnya yang menyebut kader partai Nasdem memanfaatkan kelompok tani Rustam mengatakan harus dibedakan mana partai dan mana konsultan.

“Permasalahannya mesin itu kan belum jalan, jadi ada kesepakatan yang belum disepakati, untuk pemberitaan dimedia kemarin yang membawa-bawa partai nasdem itu tidak benar, memang ada mis komunikasi dibawah, namun harus dibedakan mulad adalah konsultan di koperasi jadi jangan kaitkan dengan nasdem dong, konsultan ya bicara tupoksinya jangan bawa-bawa nasdem disitu.” Tegasnya.

Olehnya, mantan ketua DPD NasDem Kabupaten Gorontalo ini meminta agar pihak koperasi dan kelompok tani untuk bisa duduk bersama lagi untuk menghasilkan kesepakan untuk kedepannya.

“Jadi saya sarankan pengurus koperasi ini bertemu lagi dengan gapoktan, dan harus menghasilkan kesepakan-kesepakatan. Kedepan pun saya akan berusaha, jika ada pertemuan gapoktan dan koperasi yang akan hadir.” Pinta Rustam.(Win/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab