Selain Tangani Hutan, KPH Wilayah VI Kabupaten Gorontalo Lakukan Pemberdayaan Bidang Non Kayu

56

RELATIF.ID, GORONTALO___Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) VI Kabupaten Gorontalo selain perhatikan kawasan hutan juga lakukan pemberdayaan untuk masyarakat di bidang non kayu yakni pembuatan gula semut.

Gula semut sendiri saat ini diproduksi di wilayah Telaga puncak tepatnya Dulamayo Cs. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Sriyono Tongkodu saat ditemui, Senin (20/06/2022).

“Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan non kayu seperti pembuatan gula semut. Sudah di ekspor ke Belanda dan Dubai juga lainnya, sekarang persiapan kebutuhan ekspor lagi”,ungkap Sriyono.

Dirinya juga menjelaskan, untuk penanganan kawasan hutan pihaknya membangun konservasi tanah dan air.

“Kegiatan rehabilitasi lahan dan pembuatan bangunan konservasi tanah dan air guna menahan sedimentasi”,jelas Sriyono.

Dan untuk aktivitas fasilitas umum di kawasan jika ditemukan akan diberhentikan sementara sembari meminta pihak-pihak yang merambah kawasan hutan untuk memenuhi administrasi yang sudah ditentukan undang-undang.

“Untuk aktivitas di kawasan hutan kami hentikan jika ditemukan seperti halnya di wilayah Batudaa pekerjaan jalan kami hentikan tapi sekarang sudah ada surat rekomendasi”,papar Sriyono Tongkodu.(Ay/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab