Wabub, Merlan S. Uloli Buka Bimtek Pemanduan Bakat Cabang Olahraga Tingkat Pelajar

76

RELATIF.ID, KABUPATEN BONE BOLANGO__Wakil Bupati (Wabub) Kabupaten Bone Bolango Dr. Hj. Merlan S. Ulolli SE. MM membuka kegiatan bimbingan teknis (bintek) pemanduan bakat cabang olahraga tingkat pelajar SMP dan MTs se-Kabupaten Bone Bolango, Jumat (22/10/2021).

Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 21 hingga 24 Oktober 2021 bertempat di lapangan alun-alun Desa Moutong, Kecamatan Tilong Kabila, Kabupaten Bone Bolango yang diikuti 14 sekolah tingkat SMP dan MTs yakni SMP berjumlah 13 sekolah  MTs berjumlah 3 sekolah. Dengan jumlah peserta 400 orang masing-masing mengikuti lomba dengan dua kloter untuk kloter pertama 200 dan kedua 200 orang.

Peserta yang akan di Pandu bakatnya.

Pembukaan di hadiri, Wabub Merlan S. Uloli, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Mohammad Yamin Abbas serta perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republika Indonesia.

“Kesempatan yang luar biasa, baik untuk kita di Kabupaten Bone Bolango, terkait pemanduan bakat cabang olahraga dari Kementrian Republik Indonesia untuk menjawab betapa kurangnya emas di PON Papua, Bagaimana daerah lain berlomba-lomba dengan emas, sementara kita 2 emas saja, saya berharap dari sini lahir atlet- atlet Nasional dari Gorontalo khususnya dari Kabupaten Bone Bolango”, ujar Merlan S. Uloli saat di wawancarai awak media.

“Kita ini tidak boleh membohongi itu, kita memanng pasti masih sangat terbatas penganggaran nya tetapi bukan alasan untuk kita tidak berprestasi sehingga saya ingin anak- anak didalam keterbatasan tetap berusaha menjadi yang terbaik”, Lanjutnya.

Merlan juga menegaskan, tidak selamanya yang memiliki segalanya bisa meraih prestasi dengan baik. Olehnya Ia meminta pada seluruh anak-anak yang mengikuti kegiatan ini untuk terus mengukir prestasi.

“Kita tidak usah pesimis dengan wilayah karena banyak uang wajar dia berprestasi, karena dia banyak uang kita tidak kita bisa berprestasi. Dan saya kira dari keluarga tidak punya apa saja dan tidak punya tempat sarana latihan orang bisa juara dunia”, Tegasnya.

Dirinya berjanji akan terus mengembangkan potensi bakat dan minat khususnya bidang olahraga yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

“Komitmen pemerintah olahraga ini menjadi prioritas, harga diri daerah ada disini, bagaimana bangganya jadi seorang pemimpin saat anak-anaknya berprestasi,  saya berharap didalam keterbatasan anggaran bukan menjadi alasan kita tidak berprestasi. Untuk pemanduan bakat ini, kami mencari bibit atlet yang memang berpotensi kita akan bina dan kita kembangkan”, papar Merlan.

Selain itu perwakilan Kementrian Pemuda dan Olahraga, Dr. Susana menjelaskan, untuk pemanduan bakat ini menjadi program unggulan dari kementrian pemuda dan olah Republika Indonesia.

“Memang setiap tahunnya kami laksanakan baik Propinsi maupun Kabupaten/Kota, Jadi setiap tahun kami memang sudah ada anggaranya setiap kegiatan ini. Makanya kita bekerja sama dengan pihak dispora yang bertepatan”, Jelasnya.

“Program dikementrian unggulan itu ada dua yaitu pemanduan bakat dan identifikasi bakat, nanti untuk pemanduan bakat sendiri yang dilaksanakan sekarang, untuk Kabupaten Bone Bolango jadi kami tes 10 item 10 untuk semua cabang olahraga. Kalau identifiakasi bakat khusus kecabor jadi contoh nya cabor atlet, cabor dayung, cabor bulutangkis seperti itu”, sambungan Dr. Susana.

Susana juga mengatakan untuk Kabupaten Bone Bolango hanya dilakukan pemanduan bakat, ini dikarenakan mayoritas anak-anak hanya hobi olahraga namun tidak mengetahui bakat nya.

“Jadi bedanya khusus untuk Kabupaten Bone Bolango itu sendiri kami lakukan pemanduan bakat, karena saya lihat dari seluruh Propinsi itu banyak hanya hobi nantinya dengan pemanduan bakat disitu dia ketahuan bakat cabang Olahraganya”, Katanya.(Anis/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab