Alvian Mato, Ajak Pegiat Pemilu Bersinergi Wujudkan Asas Pemilu Luber dan Jurdil

109

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Gorontalo Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif  pada Pemilu 2024. Maqna Hotel Gorontalo,  Sabtu (1/10).
mengangkat tema “membangun sinergitas dan pemahaman pengawasan partisipatif pemilu kepada masyarakat”

Ketua Bawaslu Kota Gorontalo Alvian Mato, M.Pd.I, mengungkapkan Peran-peran Pengawasan Pemilu tidak mutlak absolute totalitas milik Bawaslu saja, tetapi perlu peran aktif dari masyarakat, pegiat,  pemantau pemilu wujudkan asas pemilu yakni (Luber & Jurdil)  langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil .

pengawasan dan pemantauan itu memiliki makna yang sama  tapi memiliki fungsi yang berbeda pengawasan dan pemantauan itu memliki pemaknaan yang sama untuk mengontrol pelaksanaan pemilihan umum 2024, yang menjadi perbedaanya adalah proses kelembagaannya. jelas Alvian

Dalam proses pengawasan dibentuk lembaga yang menangani mengawasi  pelaksanaan pemilihan umum, maka pada tahun 2017 kemarin dipatenkan defitinif Bawaslu Kabuoaten/ Kota. Sambungnya

Mantan aktivis pernah menjabat Ketua HmI Cabang Gorontalo ini, menuturkan “Apakah dengan adanya Bawaslu lantas peran-peran pengawasan itu mutlak absolute totalitas, miliknya bawaslu ?  tentu tidak”
Kerena tanggung jawab pengawasan itu tanggung jawab kita bersama, kita ketahui bersama kedaulatan berada di tangan rakyat, tegasnya.

Alvian mengungkapkan tersapat tiga alasan utama menagapa Sinergitas antara lebaga Bawaslu dan pemantau pemilu harus dibangun.


pertama, Secara kelembagaan bawaslu memiliki struktur mulai dari atas sampai bawah. Kedua, keterbatasan Bawaslu itu harus diikuti teman-teman pemantau, pegiat pemilu dalam rangka turut melakukan pengawasan.

Ketiga, masih banyak pelanggan-pelanggaran, baik intimidasi, bujuk rayu, isu suku, syara, ras, money politik dan lain sebagainya.  Sebutnya.


Harapannya dengan terbangunnya sinergi ini mewujudkan penyelenggaran pemilihan umum sebagaimana asas pemilu yakni (Luber & Jurdil)  langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil .

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab