Kementrian Agama RI Jadwalkan Penentuan Awal Ramadhan 1445 H Hari Ini

58

RELATIF.ID, GORONTALO-Sidang isbat merupakan penentuan awal Ramadhan 1445 Hijriah, akan dilaksanakan pada sore ini, Minggu (10/03/2024).

Dilansir dari situs resmi Kementrian Agama (Kemenag), sidang isbat ini digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama (Kemenag) Jakarta Pusat, dan pemantauan hilal dilakukan di 134 titik di Indonesia. Khusus untuk Gorontalo, pemantauan hilal dilakukan bertempat di Pantai Desa Botu Barani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Selain itu, Kementrian Agama Republik Indonesia menjadwalkan pelaksanaan dan pengumuman hasil sidang isbat dibagi menjadi tiga sesi sebagai berikut:

Pertama, sidang isbat dimulai pada pukul 17.00 WIB sampai dengan selesai, dan pengumuman hasilnya disampaikan diakhir sesi.

Kedua, hasil sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1445 Hijriah akan diumumkan setelah sholat magrib, tepatnya pada pukul 19.05 WIB dengan melalui beberapa tahapan yakni: 

  • Diawali tahapan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 Hijriah berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag RI pada pukul 17.00 WIB. Sesi ini dibuka untuk umum dan disiarkan secara live, di Channel Youtube Bimas Islam.
  • Berikut, sidang isbat penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah digelar secara tertutup setelah salat Magrib, tepatnya pada pukul 18.15 WIB, berdasarkan hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan oleh Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Ketiga, konferensi pers hasil Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah disampaikan secara daring maupun luring, yang disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Pewarta: Beju

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab