Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Gelar Adat Tenggeyamo Dalam Menetapkan 1 Ramadhan 1445 H

353

RELATIF.ID, GORONTALO-Dalam penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo gelar adat Tenggeyamo, yang bertempat di Rumah Dinas Bupati Gorontalo, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Minggu (10/03/2024).

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjelaskan adat tenggeyamo menjadi kegiatan rutin dilakukan setiap tahun menjelang awal bulan suci ramadhan, dan itu menjadi sidang isbat di Gorontalo. Dengan begitu, pihaknya menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 12 Maret 2024, sesuai dengan hasil sidang isbat Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Maka kita tetapkan 1 ramadhan itu jatuh pada tanggal 12 maret 2024,” ujar Nelson Pomalingo saat diwawancarai awak media.

Walaupun adanya perbedaan penetapan awal ramadhan, Nelson berharap perbedaan ini bukan untuk diperdebatkan, melainkan menjadi rahmat bagi seluruh warga masyarakat gorontalo.

“Karna memang metode pengukurannya berbeda, karna itu kita saling menghargai,” harapnya.

Untuk lebih jelasnya, adat Tenggeyamo ini merupakan pemberitahuan atau pengumuman resmi lembaga adat dan pemerintah daerah kepada umat islam di Gorontalo dalam penetapan 1 Ramadhan. Bahkan, jauh sebelum ada sidang isbat, adat Tenggeyamo sendiri sudah ada sejak Islam masuk ke wilayah daerah yang dikenal sebagai tanah Serambi Madinah.

Pewarta: Beju

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab