Libatkan Semua Unsur, Desa Tonala Kecamatan Telaga Biru Gelar Bimtek

182

RELATIF.ID, GORONTALO__Pemerintah Desa Tonala, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo gelar Bimtek pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) tentang perencanaan, pengangaran, pelaksanaan, pelaporan, pertanggung jawaban, monitoring dan evaluasi, Sabtu (11/12/2021).

Camat Telaga Biru, Muhtar Potutu saat membuka kegiatan bimtek.

Adapun yang hadir pada Bimtek ini, Kepala Bidang Keuangan Dinas Pemdes, Mathias Tanggulu, Camat, Muthar Potutu, Kepala Desa Tonala, Sumarno Antule dan LPM, PBD serta aparat Desa.

Ditemui usai memberikan materi, Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa, Mathias Tanggulu mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Tonala.

“Kami apresiasi apa yang dilakukan oleh Desa Tonala yang telah menghadirkan beberapa pemangku kepentingan dalam  bimtek ini, kemudian juga materi-materi sudah sesuai dan relevan dengan tugas dan fungsi perangkat Desa”, Ujarnya.

Mathias Tanggulu saat memberikan materi pada peserta bimtek.

“Dan materi yang kami siapkan juga sudah sesuai dengan apa yang mereka kerjakan di lapangan, dengan adanya pelaksanaan Bimtek ini diharapkan kedepan bisa diaplikasikan. Apa lagi tahun depan sudah masuk tahun penganggaran baru”, lanjut Mathias.

Dirinya juga menekankan, jika ada yang belum di mengerti oleh perangkat desa pihaknya siap dan kapan saja diminta penjelasan tentang pengelolaan Desa.

“Dalam bentuk telepon langsung atau datang langsung kami siap kapan saja jika ada perangkat desa yang ingin konsultasi”, Terangnya.

Kades Tonala, Sumarno Antule (kiri) Dan Iten Napi (pojok kanan)

Ditempat yang sama, Kepala Desa Tonala, Sumarno Antule mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda pemerintahan yang harus dilaksanakan mengingat peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) harus ditingkatkan.

“Karena ini menyangkut pengelolaan dana desa tentu perlu pengetahuan proses perencanaan sampai pertanggungjawaban, kita sadari bersama bahwa kendala-kendala yang ada di desa itu justru dari proses awal”, Katanya.

“Sehingga kegiatan ini sudah kami rencanakan agar semua masyarakat mengetahui bagaimana proses awal hingga pertanggung jawaban, karena pertanggung jawaban itu bukan hanya urusan kepala seksi, kaur perencanaan dan pengelola kegiatan”, tambah Sumarno.

Lebih lanjut, Sumarno menjelaskan jika pelaksanaan bimtek ini sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pemdes dan Inspektorat Kabupaten Gorontalo.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir harapan saya kedepan apa saja yang dilaksanakan di desa sudah tidak perlu lagi datang ke desa karena mereka sendiri sudah mengetahui setiap pengelolaan item kegiatan dan program di Desa. Sehingga amanat undang-undang desa akan tercapai dimana keterlibatan warga masyarakat dalam proses kegiatan pembangunan maupun perjalanan pemerintahan masyarakat sudah tau”, Jelasnya.

Sementara itu, ketua Pelaksana Kegiatan, Iten Napi menuturkan, untuk kegiatan bimtek ini sangat diperlukan mengingat LPM juga masuk pada Tim Pelaksana Kegiatan.

“Ini sangat membantu sekali, apa lagi berkaitan dengan pelaksanaan dan pelaporan serta pertanggung jawaban program yang ada di Desa”, Tuturnya.(Win/Relatif.id)

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab