Pemerintah Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo Apresiasi Kegiatan Komunitas Milenial Sadar Demokrasi

50

RELATIF.ID, GORONTALO__Para alumni jebolan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Kota Gorontalo yang telah membentuk Komunitas Milenial sadar Demokasi melakukan langkah awal dengan menyambangi kantor Camat sipatana, dibawa kordinasi devisi kerja sama dan devisi informasi komunikasi, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan yang dilakukan oleh KOMSI sebagai langkah awal dalam melakukan pendidikan, edukasi, sosialisasi penyadaran demokrasi di masyarakat.

Berkaitan dengan hal ini, Koordinator Devisi Informasi Kerja Sama Komisi, Ilyas menjelaskan, Pada kesempatan kali ini salah satu komunitas, yaitu Komunitas Millenial Sadar Demokrasi, yang terbentuk dari adanya Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) untuk menjalankan Rencana Tindak Lanjut (RTL) khusus di wilayah kota Gorontalo.

“Tentu kita perlu membangun kerja sama antara pemerintah dan masyarakat, yang berada disuatu wilayah. Agar substansi dari tujuan edukasi politik, yaitu Terbentuk dan Terbinanya Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Demokrasi Itu dapat tercapai”, Jelasnya.

“Telah masuk pada tahap eksekusi program, Dimulai dari membangun kerja sama dengan beberapa pihak terkait untuk menstimuluskan rencana tindak lanjut. Dan pada kesempatan kali ini juga Komunitas Millenial Sadar Demokrasi telah membangun kerjasama degan pihak Kecamatan yang ada di Kota Gorontalo, salah satunya yaitu Kecamatan Sipatana”, lanjut Ilyas.

Dirinya mengatakan, Kerja sama antara pihak KOMSI dan pihak Pemerintah Kecamatan, diharapkan bisa terus berjalan. Mengingat bahwa kedepan ada beberapa wilayah atau kawasan yang ada di kota Gorontalo itu akan di jadikan leading sector atau kawasan sadar demokrasi.

“Diharapkan kedepan antara Bawaslu, Komsi dan Pemerintah Kecamatan dapat menciptakan nuansa pendekatan Demokrasi Berbasis Kawasan dengan Variabelnya adalah seluruh elemen masyarakat yg tergabung dalam organisasi kepemudaan dan lainya.Agar ketimpangan-ketimpangan demokrasi semaksimal mungkin bisa di cegah”, kata Ilyas.

Lebih lanjut Ilyas memaparkan, pada kesempatan kali ini para kader yang tergabung dalam Komunitas Millenial Sadar Demokrasi juga, menyampaikan beberapa harapan di hadapan pemerintah kecamatan dan juga lurah se-Sipatana.

“Bahwa kedepan kita akan menghadapi pesta demokrasi yang cukup besar sehingganya diharapkan seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat kiranya dapat bekerja sama dalam mengawal pesta demokrasi, dan pihak komsi juga menyampaikan bahwa saat ini pihak bawaslu sendiri dari segi kuantitas (sdm) masih terbilang cukup terbatas dan juga begitu banyak tugas- tugas yang harus di selesaikan, maka dari itu perlu adanya kerja sama yang baik diantara kita semua”, Paparnya.

Sementara itu, Camat Sipatana Sariyanti Ano menyampaikan dukungannya pada apa yang menjadi langkah-langkah dari komunitas milenial Sada demokrasi tersebut.

“Sebagai pemerintah, tentu kami sangat mendukung langkah-langkah dari Komunitas Millenial Sadar Demokrasi tentang penyadaran ataupun pendidikan demokrasi sebagaimna yang di sampaikan oleh pihak KOMSI sendiri,” Ucapnya.

“Dan kami juga berharap pihak Bawaslu sebagai lembaga yang menaungi komunitas ini, dapat mendukung langkah-langkah mengenai pendidikan ataupun edukasi politik, diharapkan pihak Bawaslu khususnya bawaslu Kota Gorontalo dapat mendampingi sekaligus memberikan sosialisasi tentang pentingnya keterlibatan pemerintah dan masyarakat tentang demokrasi”, sambung Sriyanti.

“Mengingat dari lima (5) kelurahan yang ada di Kecamatan Sipatana sangat mendukung niat baik dari Komunitas Millenial Sadar Demokrasi ini,” Tutupnya.(Sten/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab