Salah Satu Ujung Tombak Pembangunan, TP-PKK Kabupaten Gorontalo Selaraskan 10 Program

33

RELATIF.ID, GORONTALO__Organisasi perempuan khususnya TP-PKK adalah salah satu mitra pemerintah daerah sebagai ujung tombak peningkatan pembangunan. Hal ini karena PKK adalah mitra terstruktur baik tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga tingkat desa. PKK mendapat peran strategis di samping bermitra dengan pemerintah dalam beberapa program pendukung pembangunan, PKK juga mampu melakukan pembinaan keluarga, motivator serta penggerak prakarsa gotong royong.

Sehingga dalam rangka menyamakan presepsi dengan pemerintah daerah dan lintas sektor dirasa penting dalam rangka pemenuhan data pembangunan. PKK terus menindak lanjuti aspirasi dari tingkat bawah melalui kelompok dasa wisma sebagai binaan PKK untuk keberlanjutan pembangunan.

“Rapat koordinasi ini kerjasama dengan dinas pemberdayaan desa (PMD) Kabupaten Gorontalo tujuannya untuk berkoordinasi, memantau langsung dan menyamakan presepsi terutama PKK Kecamatan dan Desa dalam rangka membentuk dan memaksimalkan 10 program PKK sebagai bahan eksekusi program lintas sektor dan lintas OPD,”ujar Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Prof. Fory Naway, ditemui usai pelaksanaan Rapat koordinasi penguatan lembaga kemasyarakat desa (LKD) khususnya pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) dari tingkat desa hingga kecamatan, (18/05/2022).

Dirinya mengatakan, pada rakor itu, diirnya melibatkan PKK kecamatan dan PKK desa yang berasal dari 205 desa se Kabupaten Gorontalo.
Guru besar Universitas Negeri Gorontalo itu mengatakan, rakor meniti beratkan menyamakan presepsi dalam hal membangun desa, mensejahterakan masyarakat dan juga membentuk masyarakat madani.

“ Kita jabarkan 10 program PKK termuat pada empat pokja, Paling utama adalah memperhatikan program melalui data dikumpul kelompok desa wisma yang dikoordinir PKK desa dan Kecamatan agar data ini menjadi acuan, sentuhan yang bakal dieksekusi program lintas sektor termasuk lintas OPD,”kata Fory Naway.

Prof. Fory Armin Naway.

Karenanya, pada rakor itu selain ajang silaturahim juga terpenting ajang menampung aspirasi dari tingkat bawa untuk mengakomodir Berbagai kebutuhan masyarkat dari tingkat bawah termasuk memperhatikan kebutuhan infrastruktur seperti pembanguan jalan, jamban dan sebagainya.

“Hasil rumusan rakor akan segera ditindak lanjuti oleh PKK desa dan kecamatan sebagai dasar eksekusi dan mempermudah lintas sektor dan lintas OPD menjabarkan semua program sebagai aspirasi masyarakat dan kebutuhan masyarakat”,Paparnya.

Sebelumnya, kegiatan itu dibuka langsung Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, yang pada penyampaiannya mengakui peran penting organisasi PKK. Karena bagi Nelson, organisasi perempuan PKK sebagai mitra pembangunan dan pemerintah daerah.

“Peran PKK sangat penting sebab jika keluarga baik, maka pembangunan mulai dari tingkat dusun, desa, kecamatan hingga kabupaten akan baik,”ungkap Nelson.

Akhir sambutannya, Nelson minta PKK tak hanya berkolaborasi dengan lintas OPD dan lintas sektor tapi juga mendayagunakan organisasi perempuan lain agar pembangunan dan kesejahteraan akan terwujud.(Win/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab