Kejaksaan Negeri Bone Bolango Dalami Mafia Tambang Batu Hitam Diduga Melibatkan Pejabat

Dok/Istimewa.

178

RELATIF.ID, GORONTALO__Kejaksaan Negeri (Kejari) Bone Bolango tanggapi penangkapan 5 (lima) truk bermuatan batu hitam yang diamankan Polda Gorontalo, yang diduga melibatkan oknum mafia tambang.

Dikutip dari media Butota.id, (Jaringan Forwaka Gorontalo), Kepala Kejaksaan Negeri Bone Bolango melalui Kasi Intel, Muhammadong, SH  menjelaskan, bahwa pihaknya akan menyelidiki dugaan mafia tambang yang ditenggarai melibatkan oknum pejabat publik.

“Dalam waktu dekat ini kami akan berkoordinasi dengan beberapa pihak diantaranya, Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Pemda dan Polres Bone Bolango, Kodim serta Polda Gorontalo, sebab ini merupakan komitmen kami untuk memberantas para mafia yang ada di wilayah hukum Bone Bolango,”kata Muhammadong Jumat (04/03/2022).

Oleh karena itu, untuk mengungkap dugaan mafia tambang ini, pihaknya butuh waktu dan alat bukti yang cukup agar dapat menetapkan siapa saja yang ikut terlibat dan bahkan dirinya berharap kepada masyarakat Bone Bolango untuk menyerahkan semuanya kepada pihak berwajib.

“Persoalan ini akan kami seriusi meskipun membutuhkan waktu yang lumayan lama tetapi kami akan berusaha secepat mungkin untuk mengungkap dugaan mafia tambang ini, kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat Bone Bolango terutama teman – teman aktivis yang mempunyai informasi yang dapat dipertanggung jawabkan mohon silahkan berkoordinasi dengan kami,”Jelasnya.

Sebelumnya, Paminal Polda Gorontalo telah menangkap Oknum Polisi ynag bertugas sebagai KBO Sat Reskrim Polres Bone Bolango NW alias Nasir, yang mengawal pengiriman Batu hitam dan perkaranya telah diserahkan ke Ditreskrimsus Polda Gorontalo baru-baru ini.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo, Wahyu Tri Cahyono menjelaskan, bahwa pihaknya telah mengamankan 5 (lima) unit Truck bermuatan material tambang mineral batu hitam yang melintas di jalur Suwawa Bone Bolango pada Selasa, (01/03/2022) sekitar pukul 00.30 Wita.

Diduga batu hitam tersebut akan dikirim ke Desa Suka Damai Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo, guna memperoleh izin muat. Yang kemudian akan dikirim ke luar Gorontalo menggunakan salah satu jasa pengiriman kontainer di pelabuhan Gorontalo.

Dari informasi yang berhasil di himpunan awak media, barang dari area ilegal pertambangan Suwawa ini, menjadi lanjutan kasus penangkapan 10 Kontainer batu hitam asal Gorontalo, yang dilakukan oleh Polda Jawa Timur belum lama ini.(Win/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab