Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo Launching Dan Sosialisasikan Program SIKIKO Ke 191 Desa.

136

RELATIF.ID, GORONTALO__Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo gelar kegiatan Launching dan sosialisasi program Sistem Informasi Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo (SIKIKO) kepada 191 Desa serta dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, di Gedung Kasmat Lahay Kecamatan Limboto. Selasa (14/11/2023).

Launching sistem SIKIKO oleh Kejaksaan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo, Muhammad Iqbal, S.H., M.H bahwa tujuan dibuatnya program aplikasi SIKIKO tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

“Saya ada suatu perubahan khususnya di Kejaksaan ada yang namanya program aplikasi SIKIKO, didalam aplikasi SIKIKO ini ada berbagai macam yang terutama tujuan kita yang namanya Kejaksaan lebih melayani masyarakat bukan kita yang dilayani,” Kata Muhammad Iqbal.

 

“Jangan lagi ada yang namnya ketakutan untuk datang ke Kejaksaan karena ada beberapa masyarakat mungkin berpikir takut datang ke kejaksaan jadi kita menghilangkan pemikiran seperti itu, pada dasarnya kejaksaan itu adalah sifatnya melayani masyarakat.” Lanjutnya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa ada beberapa aplikasi yang tertuang dalam program SIKIKO ini salah satunya SIDATUN Sistem Pelayanan Perdata Tata Usaha Negara.

 

“Di Sidatun ini saya melaunching yang namanya jaga desa, tujuannya itu untuk memberikan pemahaman kepada apratur desa dalam hal mengelola anggaran baik itu kegiatan yang ada didesa kita lakukan pendampingan”. Jelasnya

 

“Jangan sampai kepala desa ini salah dalam melaksanakan karena kita lihat bersama banyak kepala-kepala desa tersangkut tindak pidana korupsi, jadi tujuan saya membetuk program ini untuk meminimalisir supaya jangan ada lagi yang namanya kepala desa itu melakukan tindak pidana korupsi”. Tambahnya.

Selain itu Muhammad juga mengatakan bahwa melalui sikiko.my.id masyarakat dapat dengan mudah melakukan konsultasi hukum.

 

“Disitu masyarakat bisa berinteraksi langsung ke kita dengan vidio call antara JPN dengan masyarakat apabila masyarakat bertanya tentang keluhan baik itu masalah dalam lingkungannya atau keluarganya.” Katanya.

 

Disamping itu Sekretaris Daerah, Roni Sampir menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo sebagai bentuk kontribusi dalam membangun daerah.

 

“Pertama kita pemerintah daerah penggunaan digitalisasi itu terus kita upayakan baik terkait transaksi keuangan maupun pengadaan barang dan jasa dan juga terkait dengan pengawasan tentu dengan sistem ini maka pelayanan atas pendampingan karena permintaan oleh kepala desa dari kejaksaan berjalan cepat dengan aman,” Ucap Roni.

Pihaknya memaparkan, jika dengan sistem ini maka penggunaan anggaran desa itu menjadi tepat sasaran sesuai dengan prosedur yang baik.

 

“Maka penggunaan anggaran di desa itu menjadi akuntabel yang bisa dipertanggung jawabkan dan transparansi”. Papar Roni.

 

Pewarta : Fajrin Bilontala

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab