Manfaatkan Ruang Orasi, Bawaslu Kabgor Juga Gagas Kemitraan Dengan Kelompok Masyarakat Awasi Pemilu

221

RELATIF.ID, KABUPATEN GORONTALO___Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) launching podcast ruang ORASI (Obrolan Demokrasi), ini sebagai wadah atau tempat diskusi yang berkaitan dengan penyebaran luasan informasi, Kamis (17/06/2021).

Namun sebelum melakukan launching podcast, Bawaslu lakukan pertemuan dengan beberapa media yang menjadi mitra dalam penyebaran informasi kinerja Bawaslu pada tahapan menghadapi Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden serta Pilkada mendatang.

Komisioner Bawaslu saat rapat dengan media dan staf sekretariat serta humas (dok/istimewa)

Saat di temui usai kegiatan, ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo Wahyudin M. Akili menyampaikan beberapa poin penting mengapa harus adanya podcast di Bawaslu itu sendiri.

“Hari ini kami perdana menggunakan ruang podcast yang kami beri nama ORASI atau Obrolan Demokrasi, ini berkaitan dengan tugas pokok kami lembaga pengawas pemilu dalam rangka menyongsong tahapan pemilu dan pilkada serentak mendatang pada tahun 2024 ,” ucapnya saat di wawancarai awak media

“Mengapa kita mengambil momen sebelum pelaksanaan tahapan sehingga kita masih punya waktu yang cukup di tahun 2021 ini untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas kami sebagai lembaga pengawas pemilu ,” lanjut Wahyudin

Perdana pemanfaatan podcast Orasi

Dirinya juga menerangkan jika apa yang dilakukan ini mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan nanti, Menurutnya dengan begitu pihaknya akan merasa terbantu sehingga dipandang perlu adanya podcast.

“Ini akan mengundang partisipasi publik melalui diskusi-diskusi yang akan digelar nanti, sekali lagi ini mendorong partisipasi masyarakat di Kabupaten Gorontalo untuk mengawasi tahan pemilu
,” terangnya

Selain adanya podcast untuk upaya yang dilakukan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, Wahyudin menjelaskan jika saat ini pihaknya juga menggagas Bawaslu bermitra.

“Hari ini juga perdana kami gelar Bawaslu bermitra dengan salah satu majelis taklim yang ada di Kabupaten Gorontalo yang tujuannya adalah membentuk simpul-simpul masyarakat dalam rangka mensukseskan agenda tahapan Pilkada dan pemilu serentak nanti,” Jelasnya

Ketua, Wahyudin Akili (tengah) Moh. Fadjri Arsyad (kiri) Alexander Kaabah (kanan).

Walaupun saat ini untuk podcast masih di tayangkan secara tidak langsung atau tunda melalui chanel youtube dan akun media sosial Bawaslu lainnya.

“Kedepan ini kita akan mengundang semua pihak yang berkompoten di bidang masing-masing untuk mendiskusikan seputar demokrasi di wilayah Kabupaten Gorontalo, Tujuannya adalah menjaga tumbuh berkembangnya nilai-nilai demokrasi semua pihak bisa berdiskusi yang penting bicara soal demokrasi,” tutup Wahyudin di akhir wawancara. (Win/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab