Peringati Hari Bakti Rimbawan Ke-41, BPDAS Bone Bolango Gorontalo Tanam Ratusan Pohon Dipesisir Danau Limboto

54

RELATIF.ID, GORONTALO__Dalam rangka memperingati hari Hari Bakti Rimbawan ke-41, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Bone Bolango melakukan penanaman ratusan bibit pohon yang dilaksanakan serentak Se-Indonesia yang berlangsung di Sempadan Danau Limboto, Desa Lupoyo, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Kamis (07/03/2024).

 

Penanaman tersebut dilaksanakan di tanah seluas 1 hektare, dimana sebanyak 400 bibit pohon yang ditanam, terdiri dari mangga, rambutan, matoa, kelengkeng, belimbing, jambu kristal, sirsak, jeruk, tabebuya, mahoni, gmelina, dan kemiri berasal dari persemaian permanen Toyidito.

Kegiatan tersebut pun dihadiri langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang diwakili Staf Khusus Menteri LHK bidang media komunikasi, Irjen Pol. (Purn) Drs. Jhonny Siahaan dan Kepala Pusat Kebijakan Strategi LHK, Muh. Ahdiyar Syahrony S.H, M.Hi.

Staf Khusus Menteri LHK bidang media komunikasi,
Irjen Pol. (Purn) Drs. Jhonny Siahaan saat menanam pohon dipesisir Danau Limboto

Perlu diketahui, penanaman pohon secara serentak di tahun 2024 ini merupakan kelanjutan dari inisiatif serupa yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 30 Desember 2023, 14 Januari 2024, dan 7 Februari 2024.

 

Melalui kesempatan ini, Staf Khusus Menteri LHK bidang media komunikasi, Irjen Pol. (Purn) Drs. Jhonny Siahaan menjelaskan, Hal itu merupakan langkah nyata untuk terus melakukan penanaman pohon di seluruh wilayah Indonesia sepanjang musim penghujan. 

 

“Untuk itu, mari kita tanamkan harapan masa depan hijau yang berkelanjutan melalui partisipasi aktif seluruh pihak dan masyarakat dalam meningkatkan aksi konkret ini agar terwujudnya dunia yang lebih baik dan berkelanjutan.” Jelasnya saat diwawancarai awak media.

Menurutnya, bahwa penanaman pohon serentak ini merupakan salah satu program yang dibuat di kementerian LHK yang dipelopori langsung oleh ibu Menteri, ini bertujuan untuk menghijaukan kembali tanah di NKRI khususnya yang ada di Provinsi Gorontalo.

 

“Ini bukan hanya untuk oksigen tetapi juga untuk pemenuhan karbon dan juga untuk antisipasi emisi efek rumah kaca dan sebagainya, sehingga ini sangat membantu sekali disamping itu juga untuk bibit-bibit pohon yang diberikan adalah jenis pohon yang memiliki value.” Kata Irjen Pol. (Purn) Drs. Jhonny Siahaan.

“Yang mana buahnya ketika sudah tumbuh bisa dijual oleh masyarakat terutama di Prov. Gorontalo diharapkan juga masyarakat bukan hanya bisa menanam tetapi jug bisa menjaga pohon itu sendiri”, Tambahnya.

 

Sementara itu di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Drs. Sofyan Ibrahim,.M.Si menyampaikan apresiasinya pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terutama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Bone Bolango yang terus melakukan penghijauan di Gorontalo.

 

” Kami Pemerintah sangat mengapresiasi apa yang dilakukan saat ini terutama untuk penanaman pohon, kedepannya untuk lahan – lahan yang kosong bisa dimanfaatkan dengan baik untuk dilakukan penanaman pohon.” Ucapnya.

Kepala Balai BPDAS Bone Bolango Gorontalo, Heru Purnama. SHUT, MT,MA saat melakukan penanaman pohon

Selanjutnya, Sofyan memaparkan, bahwa dengan begitu ada peningkatan kualitas kedepannya terutama juga untuk pembangunan di Provinsi Gorontalo, karena yang terus didorong adalah penanganan lingkungan dan pemerintah terus berkomitmen untuk mewujudkan itu.

 

“Seperti apa yang jadi program pemerintah pusat saat ini sudah dilakukan untuk satu orang bisa menanam 25 pohon di lingkungan masing-masing dan itu merupakan bagian dari upaya semua dari menjaga lingkungan sehingga lingkungan di Gorontalo jadi lebih baik”, Ungkapnya.(Win/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab