Lewat Program Bawaslu Bermitra, Wahyudin Akili Dan Pembina Majelis Taklim Darul Mustofha Lakukan Kesepakatan

32

RELATIF.ID, KABUPATEN GORONTALO__Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) dalam upaya pengembangan Pengawasan Pemilu Partisipatif menggagas konsep “Bawaslu Bermitra” dengan menggandeng kelompok-kelompok masyarakat, Forum warga yang untuk kali pertama ini menjadi mitra Bawaslu adalah Majelis Taklim Darul Mustofha Gorontalo yang berada di Kecamatan Tilango.

Foto bersama Bawaslu Kabupaten Gorontalo dan pengurus majelis taklim, Kamis (18/06/2021)

Untuk menjalin kemitraan dengan baik, Bawaslu dan pengurus majelis taklim Darul Mustofa langsung pertemuan perdana di masjid Jami Al-Fuqara’ Desa Lauwonu Kecamatan Tilango. Yang di hadiri oleh Pembina/Penanggungjawab dan Pengurus Majelis Taklim Darul Mustofha, Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo Wahyudin M. Akili, Anggota Alexander Kaaba, ST dan Moh. Fadjri Arsyad, S.Pd.,MH, Kepala Sekretariat Rahmawaty M. Sulaiman, S.Ag.

Melalui kesempatan ini, Wahyudin M. Akili menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus Yayasan Darul Musthofa yang telah memberikan ruang kepada Bawaslu Kabgor sehingga dapat menyampaikan hal – hal penting pada proses persiapan penyelenggaraan Pemilu/Pemilihan yang akan datang dengan mengingatkan begitu kompleksnya proses pengawasan yang akan dihadapi nanti.

“Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan soasialisasi seperti ini agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga perilaku dari hal-hal yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong terciptanya Pemilu yang berkualitas dan bermartabat,” ucapnya

Penandatanganan kesepakatan

“Bicara tentang kualitas Pemilu, seharusnya ada partisipasi dari masyarakat, maka dari itu kami Bawaslu berusaha untuk memperluas makna partisipasi politik, partisipasi tidak terbatas pada saat kita menjadi penyelenggara pemilu atau saja saat kita mendatangi TPS, masyarakat harus secara aktif ikut mengawal setiap proses tahapan pemilu”. Lanjut Wahyudin

Dirinya menjelaskan, Berangkat dari pengalaman pengawasan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan sebelumnya. Maka sudah bisa tergambar dalam benak kami bagaimana kompleksnya nanti masalah pengawasan yang kita akan temui.

“Sehingganya kami butuh bantuan suluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pengawasan secara aktif dan masif demi terlaksananya Pemilu/Pemilihan yang berkualitas dan bermartabat,” Jelasnya

Wahyudin Akili (tengah keme putih) pembina majelis taklim (ketiga dari kiri), Moh. Fadjri Arsyad(ketiga dari kanan)

Sementara itu, Moh. Fadjri Arsyad mengatakan bahwa kegiatan Bawaslu bermitra ini merupakan suatu upaya kami untuk meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat dengan cara memberikan pengetahuan tentang kepemiluan lebih khusus bagaimana seharusnya proses pengawasan pada penyelenggaraan pemilu dan pemilihan nanti.

“Sehingga masyarakat secara mandiri bisa lebih aktif terlibat dalam mensukseskan penyelenggaran pemilu dan pemilihan mendatang,” Katanya

Usai pelaksanaan kegiatan, dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Bawaslu Kabupaten Gorontalo dan Yayasan Majelis Taklim Darul Mustofha Gorontalo dalam hal Pengembangan Pengawasan Pemilu Partisipatif, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan buka puasa bersama. (Sten/Relatif.id)

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab