LSM Green Leave Minta Kapolres Bonbol Tertibkan Tambang Batu Hitam Yang Diduga Ilegal

122

RELATIF.ID, BONE BOLANGO__Banyaknya kegiatan tambang illegal di Kabupaten Bone Bolango yang lalai dari pengawasan dan penindakan Aparat Penegak Hukum (APH), Sangat disayangkan oleh beberapa pihak seperti halnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) GreenLeave Gorontalo, Minggu (26/09/2021).

Selain perihatin dengan sikap aparat Penegak Hukum di wilayah Hukum Polres Bone bolango yang sampai sekarang belum memberi keterangn resmi terkait kasus illegal tersebut.

Juga berharap kesadaran semua pihak akan akibat buruk dari kegiatan illegal tersebut. Sangat jelas bahwa kegiatan tersebut illegal, selain tak mengantongi ijin, kegiatan tersebut berpotensi menjadi penyebab bencana banjir yang akan terus menerus menggorogoti masyarakat Kota Gorontalo

Hal ini di ungkapkan, Anto Margarito, Karena menurutnya kegiatan tambang tersebut tak melalui kajian teknis soal dampak lingkungan yang diakibatkan dari kegiatan haram tersebut.

“Lemahnya penegakan hukum dalan kasus ini akan menjadi preseden buruk bagi aparat penegak hukum khususnya Kapolda Gorontalo. Pemerintah harus tegas dong, Ini bukan hanya menyangkut masyarakat Bone Bolango, tapi juga masyarakat Kota Gorontalo yang setiap tahun harus terkena imbas, akibat kelalain pemerintah dalam menertibkan kegiatan yang sudah jelas illegal,” jelas Anto.

Anto Margarito (LSM Green Leave)

“Coba status hukumnya diperjelas saja, biar publik tau jelas bahwa di Kabupaten Bone Bolango hanya ada dua jenis kegiatan yg mengantongi ijin, Gorontalo Menineral (GM) dan ijin galin C,” sambung Anto

Dirinya juga menyoroti lolosnya batu hitam yang di police line di pelabuhan Gorontalo beberapa waktu yang lalalu.

“Nah, untuk usaha pertambanngan batu hitam itu sendiri dilakukan di wilayah usaha pertambngan atas nama siapa?. Aneh tiba-tiba bisa keluar daerah padahal sebelumya sudah ada pernyataan bahwa material tersebut illegal dan sudah dipolice line, aparat penegak hukum ngapain aja? Kok asal muasal material yang sudah jelas illegal bisa lolos,” tutur Anto.(Win/Relatif.id)

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab