UPTD BLK Limboto Gelar Seleksi Calon Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan I

602

RELATIF.ID, GORONTALO__Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Limboto, yang dipimpin oleh, Iswan Hasan gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) angkatan I. Sabtu (30/03/2024).

Kepala UPTD BLK Limboto, Iswan Hasan saat menyampaikan arahan pada peserta pelatihan.

Dengan program pelatihan yang di buka terdiri dari Design Grafis Muda, Junior Make up Artist, Menjahit Pakaian dengan Mesin Pembuatan Kue dan Roti.

 

Berkaitan dengan kegiatan ini, Kepala UPTD BLK Limboto, Iswan Abdul Hasan menjelaskan, bahwa yang dilaksanakan saat ini adalah tahapan seleksi dan wawancara untuk menjaring para calon peserta.

 

“Yang hari ini kami laksanakan tahapan seleksi dan wawancara untuk menjaring para calon peserta sejumlah 104 orang pelamar sementara yang bisa di akomodir untuk tahap pertama ini sejumlah 64 orang peserta”, Jelasnya.

 

Antusias peserta pelatihan saat mengikuti tahapan seleksi dan wawancara untuk menjaring.

 

Iswan mengatakan, jika pihaknya memaksimalkan standar kompetensi bagi peserta juga metode pembelajaran berlangsung selama 8 jam.

 

“Metode Pelatihan ini kita maksimalkan sesuai dengan standar kompetensi lulusan mereka jadi ada PBKnya yang mengatur bahwa pelatihan kerja itu bervariasi jam pembelajarannya, untuk satu kali pertemuan 8 jam.” Katanya.

 

“Sistem pelaksanaan pelatihan ini ada tiga tahap yang pertama ada pelatihan jadi dilatih yang dan bekali sesuai dengan kejuruan program pelatihan yang dipilih, kemudian para peserta yang sudah di latih kami laksanakan uji kompetensi untuk diberikan sertifikat pelatihan bila di nyatakan lulus, selanjutnya ada penempatan, penempatan ini sendiri kami yang akan salurkan ke tempat – tempat melalui program magang dalam Daerah melalui instansi terkait untuk menempatkan para peserta yang sudah sesuai pilihan ini untuk ditempatkan di tempat kerja yang sudah bermitra dengan kami dan dituangkan dalam MoU”, Tambah Iswan.

Dirinya berharap, dengan keberadaan UPTD BLK Limboto ini sekiranya bisa dimanfaatkan oleh para pencari kerja karena syaratnya sangat mudah dan terjangkau juga menggunakan difasilitasi yang ada.

 

“Apalagi persyaratan mendaftar yang mudah cukup dengan Fotocopy KTP, Fotocopy Ijazah terakhir, Pas foto untuk di daftarkan di akun siap kerja aplikasi Kementerian tenaga kerja.” Harapnya.

 

“Para peserta yang di latih kami fasilitasi dengan pemberian seragam selama proses pelatihan kemudian, terutama untuk mereka agar tetap semangat dalam proses pelatihan sehingga diberikan uang transportasi selama proses pelatihan. Melalui anggaran APBN dibawah binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Makassar tahun anggaran 2024,” Lanjut Iswan.

Mantan Kepala Kelurahan Kayumerah tersebut memaparkan, bahwa bagi peserta yang jaraknya jauh dari tempat pelatihan pihaknya telah menyediakan tempat atau mess agar mereka peserta pelatihan bisa fokus., juga untuk peserta yang jaraknya jauh kami menyediakan fasilitas mes dengan harapan mereka bisa menginap ditempat pelatihan.

 

“Tapi yang paling utama adalah upaya ini dilaksanakan pemerintah untuk menekan angka pengangguran dengan peningkatan dan Produktivitas SDM”, papar Iswan Hasan.(Win/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab