Wakili Rachmat Gobel Staf Khusus DPR-RI, Rustam Akili Tinjau TPA Talumelito Yang Viral

261

RELATIF.ID, GORONTALO___ Wakil Ketua DPR-RI, Rachmat Gobel melalui Staf Khususnya, Dr. Rustam Hs. Akili tinjau langsung kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talumelito, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Kamis (06/01/2022).

Diketahui, TPA Talumelito ini pembangunannya di danai melalui APBN ini sebabnya Rachmat Gobel melalui staf khususnya meminta mengecek permasalahan teknis yang beberapa hari belakangan viral di sosial media.

“Tadi saya sudah mendapat penjelasan dari Balai Cipta Karya, dan ternyata ini hanya masalah teknis saja, pada saat pekerjaan ini pada bulan Juli sudah selesai kemudian ada retak-retak”, ujar Rustam.

Rustam Hs. Akili saat di wawancarai awak media saat di lokasi TPA Talumelito.

“Saat perbaikan ini ada sekitar 4 sampai 5 hari pekerjaan ini ditinggalkan, yang sebenarnya itu dikeringkan oleh pekerja. yang kemudian oleh orang lain ini di viralkan”,tambah Rustam.

Lebih lanjut, mantan ketua DPRD Provinsi Gorontalo ini mengatakan, secara keseluruhan pekerjaan ini telah selesai, bahkan selanjutnya dirinya akan membuat laporan resmi sebagai pertanggungjawaban.

“Jadi ini surat tugas saya, dan tadi sudah konfirmasi ke balai. Setelah ini saya buat surat laporan ke Pak Rachmat Gobel selaku Wakil Ketua DPR RI, tembusannya ke kementerian,”kata Rustam.

Rustam Hs. Akili semangati pekerja di sekitar TPA Talumelito.

Dirinya berharap dibangunnya TPA ini harus dimanfaatkan dengan baik, karena sampah yang ada di Gorontalo itu sendiri belum terkelola dengan baik.

“Oleh karena itu saya berharap kepada siapapun itu, baik stake holder, LSM, maupun aparat hukum untuk cek dulu. Memang di era digitalisasi seperti sekarang ini apa saja diviralkan. Tetapi tentunya kita harus kroscek ke lapangan. Ada bukti ada fakta kita sampaikan kepada yang bersangkutan,”Harapnya.

Sebagai staf khusus tugasnya adalah membantu penugasan Wakil ketua DPR-RI dalam melaksanakan peninjauan proyek strategis nasional, yang sumber dananya berasal dari APBN.

Sementara itu, PPK Dinas PU-PR Provinsi Gorontalo, Marten Lelengboto menjelaskan, Proyek ini berakhir 21 Oktober, setalah berakhir membuat jaminan pemeliharaan selama 1 tahun dan ada beberapa kerusakan di bulan Januari dan langsung membuat surat kepada pihak ke 3 (Kontraktor) untuk melakukan perbaikan.

“Selama 1 tahun ini kami akan selalu intens memeriksa dan mengawasi apa saja kerusakan yang ada di lokasi TPA Talumelito ini. Kebetulan kemarin itu sudah melaksanakan perbaikan, cuman pada saat mereka (kontraktor_red) melakukan perbaikan itu ditinggalkan, dalam keadaan di bongkar bukan karena asli kerusakannya,” Jelasnya.

Marten Lelengboto saat di wawancarai awak media.

Dan untuk pekerjaan ini membutuhkan proses bukan hanya dikerjakan asal-asalan. Karena kurang lebih ada 50 cm dari titik kerusakan itu harus di bongkar.

“Jadi pada saat itu pekerjaannya dibiarkan oleh pekerjanya dalam hal ini tukang, karena ada spasi yang saat itu  tidak melekat atau sudah hancur. mungkin pada saat itu juga ada seseorang yang mengambil gambar, yang notabene pekerjaan itu sementara di perbaiki, dan itu yang di Viralkan,  Karena kurang lebih ada 4 hari mereka biarkan”, terang Marten.

Marten Lelengboto saat menjelaskan teknisi TPA Talumelito ke Staf Khusus DPR-RI, Rustam Hs. Akili.

“Itu terjadi pada masa waktu pemeliharaan bahwa sudah jelas di dalam kontraknya, kalau masih dalam waktu pemeliharaan itu semua kerusakan itu masih tanggung jawab full dari pihak ketiga, walaupun dia rusak berat atau pun ringan”, Lanjutnya.

Proyek APBN yang anggaranya 14.35 milyar ini di peruntukan untuk pembangunan sel sampah, instalasi pengolahan Lindi, pekerjaan drainase keliling, jalan operasional, garasi alat berat dan pekerjaan pos jaga.

“Jadi Untuk pekerjaan tersebut sudah selesai di kerjakan dan sudah PHO pada bulan Oktober dan di operasikan pada bulan Desember 2021”, tutup Marten Lelengboto.(Win/Relatif.id).

You might also like
Verification: 436f61bca2cedeab